Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Kolaborasi pada Siswa Kelas VI SD Negeri 18 Bireuen

Authors

  • Dian Agustina SD Negeri 18 Bireuen

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kolaborasi

Abstract

Keberhasilan suatu pembelajaran ditentukan dari dua sisi, yaitu sisi guru dan siswa. Kondisi pembelajaran di SD Negeri 18 Bireuen memperlihatkan bahwa dari sisi guru telah mampu mengaplikasikan pembelajaran yang baik. Akan tetapi, sisi siswa, siswa masih belum mampu menyerap informasi/materi pembelajaran degan baik. Ini artinya ada hal yang perlu didalami dan ditelusuri kemudian diselesaikan/ditindaklanjuti. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia setelah diterapkannya model pembelajaran kolaborasi. (b) Ingin mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam model pembelajaran kolaborasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) dengan mengunakan dua kali tindakan/ dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 18 Bireuen. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi terhadap kegiatan belajar mengajar. Hasil analisis data didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (70%) dan siklus II (88%). Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kolaborasi dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar Bahsa Indonesia siswa SD Negeri 18 Bireuen.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Dian Agustina. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Kolaborasi pada Siswa Kelas VI SD Negeri 18 Bireuen. Aliterasi (Jurnal Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra), 3(1), 47–54. Retrieved from http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/alt/article/view/1444