http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/alt/issue/feedAliterasi (Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan sastra)2023-12-03T08:52:33+01:00Nurmina aliterasijur@gmail.comOpen Journal Systems<p><strong>Aliterasi </strong>adalah Jurnal Pendidikan, bahasa dan sastra yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Almuslim berdasarkan <strong>p-ISSN:2745-4649 e-ISSN: 2746-6132</strong> pada tahun 2020. Aliterasi, Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Sastra ini hadir untuk mempublikasikan hasil penelitian Dosen dan Mahasiswa di lingkup Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Almuslim, serta hasil penelitian guru dan peneliti lainnya. Ruang Lingkup Riset meliputi bidang: Pendidikan, Kebahasaan (bahasa Indonesia), Sastra Indonesia, serta Inovasi dalam bidang pembelajaran/pendidikan.</p>http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/alt/article/view/2364Pengaruh Kesantunan Berbahasa Guru Bimbingan Konseling Terhadap Efektifitas Penyelesaian Kasus Siswa di MTSN 2 Aceh Utara2023-12-01T04:37:23+01:00Maulida Maulidamauli8766@gmail.comYuhafliza Yuhaflizayuhafliza5@gmail.com<p>This research aims to explore and analyze the influence of language politeness used by Counseling Guidance (BK) teachers in communicating on the effectiveness of resolving student cases at MTsN 2 North Aceh. The research method uses a qualitative approach with a combination of interviews and observations, as well as a quantitative approach using a language politeness assessment scale questionnaire. Based on the results and discussion, the researcher can conclude: 1) The level of politeness in the language of Counseling Guidance (BK) teachers in handling cases among students at MTsN 2 Aceh Utara is good, this can be seen from the politeness scale obtained from questionnaire scores and the results of interviews with students MTsN 2 North Aceh. The data collected was 75% of the BK MTsN 2 North Aceh teachers using polite language both in terms of verbs and non-verbals. 2) The results of observations and interviews with MTsN 2 North Aceh students show that the influence of the use of polite language by Counseling Guidance teachers on the effectiveness of resolving student cases at MTsN 2 North Aceh reached 80%. This is shown by the resolution of several cases that have occurred, that students are increasingly rebellious, arrogant and even tend to be temperamental when judged with harsh words, shouted at, pushed into a corner, blamed without clear evidence or treated disrespectfully either with words or actions.</p> <p><strong>Keywords: </strong><em>Language Politeness, Counseling Guidance Teachers, Student Cases</em></p>2023-03-30T00:00:00+02:00Copyright (c) 2023 Aliterasi (Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan sastra)http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/alt/article/view/1925Upaya Peningkatan Hasil Belajar dalam Penulisan Pantun Menggunakan Media Gambar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 11 Jangka2023-03-31T14:12:51+02:00Marwatimarwati31@yahoo.comMahlianiMahliani.11@yahoo.comNuraini IbrahimMahliani.11@yahoo.com<p>Pantun adalah sejenis puisi asli Melayu tradisional yang bersifat terikat, umumnya terdiri dari empat baris, dan penulisannya di lambangkan dengan huruf a-b-a-b. Pada saat memulai kelas berlangsung, seorang guru dibutuhkan keterampilan dalam penggunaan media, salah satunya adalah media gambar yang merupakan contoh alat bantu pandang yang berguna untuk membantu siswa memahami konsep tertentu yang ingin dikenalkan oleh guru. Adapun latar belakang masalah yaitu dalam keterampilan menulis pantun, kemampuan siswa masih belum optimal. Guru masih kesulitan dalam menentukan media pembelajaran yang tepat untuk mencapai target yang diinginkan. Penelitian ini menelaah beberapa permasalahan, Pertama: Bagaimana aktivitas guru dalam mengajar dengan penggunakan media gambar pada menulis pantun di kelas V SDN 11 Jangka, Bagaimana aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan penggunakan media gambar pada menulis pantun di kelas V SDN 11 Jangka. dan Bagaimanakah hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media gambar pada menulis pantun di kelas V SDN 11 Jangka. Ini merupakan jenis penelitian PTK. Data dikumpulkan melalui lembar observasi guru dan siswa, serta melalui tes. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan skor rata-rata dalam rumus persentase. Hasil penelitian ditemukan bahwa aktivitas guru selama proses pembelajaran dengan menggunakan media gambar dalam menulis pantun, pada siklus I sudah mencapai katagori baik yaitu 81%. Sedangkan pada siklus II yaitu 92% dalam katagori baik sekali. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan media gambar dalam menulis pantun, siklus I di katagorikan 71% Baik. Sedangkan pada siklus II dapat dikatagorikan baik sekali yaitu 95%. Dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media gambar dalam menulis pantun di kelas V SDN 11 Jangka mengalami peningkatan yaitu pada siklus I belum mencapai ketuntasan hanya mencapai 40%. Sedangkan pada siklus II mencapai ketuntasan hingga 90%, Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat diterapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya pada materi pantun.</p>2023-03-30T00:00:00+02:00Copyright (c) 2023 Aliterasi (Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan sastra)http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/alt/article/view/1922Peningkatan Keterampilan Membaca Awal Dengan Menggunakan Media Kartu Kata pada Siswa Kelas 3 SD Negeri 6 Gandapura2023-03-31T14:03:50+02:00Hayatul Amnahayatulamna58@guru.sd.belajar.id<p>Rendahnya hasil belajar siswa pada membaca awal siswa kelas 3 SD Negeri 6 Gandapura. Siswa kelas 3 SD ini belum aktif dalam ketrampilan membaca awal. Respon belajar siswa dalam ketrampilan membaca masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca dengan menggunakan media kartu kata pada siswa kelas 3. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaborasi yang dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3 yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Indikator keberhasilan siswa yang harus dicapai dengan rerata kelas 70 dan ketuntasannya 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas 3 SD Negeri 6 Gandapura dalam membaca dengan menggunakan media kartu kata meningkat. Keterampilan membaca pada pra tindakan sebesar 62,74 dan ketuntasanya sebanyak 48%. Kemampuan membaca awal siswa pada siklus I meningkat menjadi 69,9% dengan ketuntasan 76%. Selanjutnya peningkatan pada siklus II 76,7 dengan ketuntasan 92%. peningkatan pada siklus II 76,7 dengan ketuntasan 92%. Pada tindakan ini keterampilan membaca siswa pada indikator pelafalan, intonasi dan membaca memahami meningkat hingga mencapai kriteria ketuntasan yang ditetapkan yaitu dengan rata-rata kelas 70 dan ketuntasan kelas 80%. Pada siklus I digunakan kartu kata dengan ukuran 13 x 6 cm dan setiap kata dengan satu warna, pada siklus II digunakan kartu kata yang lebih lebih besar 18 x 6 cm dan setiap kata terdapat pemenggalan kata yang dipisahkan dengan warna yang berbeda. Pelaksanaan tindakan pembelajaran membaca permulaan dengan menggunakan media kartu kata dengan ejaan suku kata dapat memudahkan siswa dalam membaca, penggunaan warna yang berfariasi pada kartu kata dapat mena menaarik minat siswa dalam belajar membaca, dan penggunaan kartu kata yang melibatkas siswa secara langsung dapat memudahkan siswa dalam membaca dengan benar.</p>2023-03-30T00:00:00+02:00Copyright (c) 2023 Aliterasi (Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan sastra)http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/alt/article/view/2060Pemanfaatan Aplikasi Wattpad sebagai Media Publikasi Digital dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fiktif (Fictional Story) 2023-07-11T04:20:27+02:00Yuhafliza Yuhaflizayuhafliza5@gmail.comNia Astutiniaastuti89@gmail.comAgusliana Aguslianaagus.liana1986@gmail.comRahmi Hayatirahmihayati2807@gmail.com<p><em>This learning innovation aims to utilize the Wattpad application as a medium used for digital publication of literary works to improve the skills of writing fictional story texts for students at MTsN 2 Aceh Utara. This innovation is used and developed with the aim that MTsN students who have talents and interests in the field of writing can recognize and master several writing applications as a medium for digital publication of their literary works in the form of fictional story texts. One of the steps that must be taken by teachers and students is to download the Wattpad application which will be used as a learning medium in the field of writing skills. The use of the Wattpad digital application as a Digital Publication Media is practiced in class IX A of MTsN 2 Aceh Utara, which consists of 25 students. From the process of using the Wattpad Application as a Digital Publication Media, data was obtained that by using the digital application students already had their own accounts and started publishing their work. It can be concluded that the use of the Wattpad Application as a Digital Publication Media of literary works in the form of fictional story texts can improve students' writing skills.</em></p>2023-03-30T00:00:00+02:00Copyright (c) 2023 Aliterasi (Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan sastra)http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/alt/article/view/1923Peningkatan Kemampuan Peserta Didik dalam Menulis Karangan Deskripsi Melalui Penggunaan Media Gambar Seri di Kelas VI SD Negeri 6 Makmur2023-03-31T14:07:46+02:00Muzakirmuzakirdafa@gmail.com<p>Penelitian yang berjudul ”Peningkatkan Kemampuan Murid dalam Menulis Karangan Deskripsi Melalui Penggunaan Media Gambar Seri di Kelas VI SD Negeri 6 Makmur Kecamatan Makmur Kabupaten Bireuen”. Bertujuan untuk meningkatkan kemampuan murid dalam menulis karangan deskripsi di kelas VI SD Negeri 6 Makmur Kecamatan Makmur Kabupaten Bireuen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes awal, tes akhir, observasi, wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan murid dapat ditingkatkan melalui pembelajaran dengan menggunakan media gambar seri. Hasil tes akhir pada siklus I diperoleh nilai rata-rata murid menjadi 38,88 (kurang), sehingga harus dilakukan pengulangan siklus, pada siklus II perolehan nilai murid meningkat menjadi 80,00 (baik) pada tes akhir tindakan. Dilihat dari proses pembelajaran dalam penelitian ini menunjukkan bahwa media gambar seri dapat meningkatkan keaktifan guru dan murid dalam pembelajaran. Hal ini terlihat pada hasil observasi oleh guru pengamat yang mengamati proses pembelajaran. Hasil observasi tindakan siklus I oleh pengamat terhadap keaktifan guru menunjukkan persentase nilai rata-rata adalah 80%. Selanjutnya hasil observasi oleh pengamat terhadap keaktifan murid memperoleh persentase 84,6%. Pelaksanaan pembelajaran siklus II menunjukkan peningkatan, hal ini terlihat dari hasil observasi oleh pengamat terhadap keaktifan guru dengan perolehan persentase yaitu 89,2%. Selanjutnya hasil pengamatan pengamat terhadap kegiatan murid diperoleh persentase nilai rata-rata adalah 93,8%. Selain itu, keberhasilan yang dicapai adalah penerapan media gambar seri memperlihatkan bahwa murid sangat antusias dan penuh semangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan murid dalam menulis karangan deskripsi di kelas VI SD Negeri 6 Makmur Kecamatan Makmur Kabupaten Bireuen.</p>2023-03-30T00:00:00+02:00Copyright (c) 2023 Aliterasi (Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan sastra)http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/alt/article/view/1883Analisis Semiotika Makna Motivasi pada Lirik Lagu “Diri” karya Tulus 2023-03-16T01:58:43+01:00Dinar Diana Hadjarauroraartieka@gmail.comNur Indah Sholikhatinur.indah.sholikhati@unsoed.ac.id<p>Musik menjadi salah satu media yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan komunikasi. Semiotik adalah ilmu yang mempelajari tentang tanda, untuk meneliti dan mengetahui cara kerja suatu tanda dalam membentuk suatu kesatuan arti atau suatu kesatuan makna baru saat ia digunakan. Lirik lagu mengandung berbagai makna, salah satunya makna motivasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan mengungkapkan fakta-fakta pada sebuah cerita dan menganalisis objek penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak catat. Data yang ditemukan pada lirik lagu “Diri” secara menyeluruh lagu tersebut mengandung makna motivasi untuk bisa lebih menerima diri.</p>2023-03-30T00:00:00+02:00Copyright (c) 2023 Aliterasi (Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan sastra)