MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KALOR MELALUI STRATEGI LISTENING TEAM DI KELAS VII SMP NEGERI UNGGUL SIGLI

Authors

  • Tarmizi Tarmizi SMP NEGERI UNGGUL SIGLI

Keywords:

Kalor, Strategi Listening TEAM, Hasil Belajar Siswa, Siswa SMP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas VII dengan menggunakan Metode Strategi Listening Team  pada materi Kalor di SMP Negeri Unggul Sigli tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau action research. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas VII SMP Negeri Unggul Sigli Hasil penelitian ini menunjukkan pada siklus I hasil evaluasi siswa pada mata pelajaran IPA materi Kalor, mendapatkan nilai rata-rata 60.66 sedangkan pada siklus II mendapatkan nilai rata-rata 78.83, dari penelitian tersebut terjadi peningkatan yang cukup signifikan dan memuaskan serta tingkat keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran pada siklus I sebesar 40% dan peserta didik yang aktif dalam proses pembelajaran pada siklus II sebesar 92%. berarti terdapat peningkatan hasil belajar siswa dan aktifitas proses pembelajaran para peserta didik setelah dilakukan penelitian tindakan kelas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan dan memuaskan setelah melakukan penelitian ini dibandingkan sebelumnya. Dan terjadi perubahan tingkat keaktifan siswa yang cukup tinggi. Maka penelitian ini dianggap berhasil dengan baik

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Pane And M. Darwis Dasopang, “Belajar Dan Pembelajaran,” Fitrahjurnal Kaji. Ilmu-Ilmu Keislam., 2017, Doi: 10.24952/Fitrah.V3i2.945.

R. Rahma And N. Safarati, “Implementation Of Science Story Media Etnosains Based To Boost Students Concept And Scientific Attitudes,” J. Pembelajaran Fis., Vol. 8, No. 1, 2019, Doi: 10.23960/Jpf.V8.N1.202005.

R. Purwanto, “Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Sistem Koordinasi Melalui Metode Pembelajaran Teaching Game Team Terhadap Siswa Kelas Xi Ipa Sma Smart Ekselensia Indonesia Tahun Ajaran 2010-2011,” J. Pendidik. Dompet Dhuafa, 2011.

J. A. Zaeni And F. F. Hidayah, “Analisis Keaktifan Siswa Melalui Penerapan Model Teams Game Tournamants (Tgt) Pada Materi Termokimia Kelas Xi Ipa 5 Di Sma 15 Semarang,” Semin. Nas. Pendidikan, Sains Dan Teknol. Fak. Mat. Dan Ilmu Pengetah. Alam Univ. Muhammadiyah Semarang, 2002.

I. Via, “Perbandingan Strategi Tipe Listening Team Dengan Tipe Practice Rehearsal Pairs,” Curricula, 2018, Doi: 10.22216/Jcc.2018.V3i1.1587.

Y. Yuliati, “Literasi Sains Dalam Pembelajaran Ipa,” J. Cakrawala Pendas, 2017, Doi: 10.31949/Jcp.V3i2.592.

A. Suharsimi, “Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi),” Jakarta: Rineka Cipta, 2013, Doi: 10.1017/Cbo9781107415324.004.

Downloads

Published

2020-09-25

How to Cite

Tarmizi, T. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KALOR MELALUI STRATEGI LISTENING TEAM DI KELAS VII SMP NEGERI UNGGUL SIGLI . JEMAS : Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 1(2), 64–67. Retrieved from http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/108