Kajian Model Problem Based Learning Berbasis Gamifikasi Wordwall Untuk Pembelajaran Fisika Di Masa New Normal

Authors

  • Silvia Laeli Universitas Ahmad Dahlan
  • Okimustava Okimustava Universitas Ahmad Dahlan
  • Efi Kurniasari Universitas Ahmad Dahlan

Keywords:

Problem Based Learning, Gamifikasi, Fisika, New normal

Abstract

Model pembelajaran Problem Based Learning atau berbasis masalah ini digunakan oleh beberapa tenaga pendidik untuk digunakan pada proses pembelajaran di masa new normal. Dalam penelitian ini ditunjukan bentuk pembelajaran fisika di masa new normal, bentuk model pembelajaran Problem Based Learning berbasis gamifikasi Wordwall, serta efektifitas penggunaan model PBL berbasis gamifikasi Wordwall yang diterpakan pada pembelajaran fisika di masa new normal. Metode penelitian yang digunakan yakni metode studi pustakaan atau library research. Untuk mengimplementasikan model pembelajaran ini agar berhasil meningkatkan pemahaman peserta didik dibutuhkan tiga aspek yaitu dari aspek kesiapan tenaga pendidik, aspek peserta didik, dan aspek media. Dengan memanfaatkan teknologi yang ada, maka peneliti akan mengembangkan inovasi dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar dengan menggunakan metode gamifikasi yaitu Wordwall pada pembelajaran fisika di masa new normal. Penggunaan model PBL yang dipadupadankan dengan gamifikasi Wordwall ini tergolong efektif namun harus ada penyesuaian keamampuan dasar dari peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. Rahma and F. Fatimah, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) PADA MATERI HUKUM NEWTON,” JEMAS J. Edukasi Mat. dan Sains , vol. 1, no. 1, pp. 14–18, 2020, [Online]. Available: http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/46

F. Firman and S. Rahayu, “Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19,” Indones. J. Educ. Sci., 2020, doi: 10.31605/ijes.v2i2.659.

N. Safarati, R. Rahma, F. Fatimah, and S. Sharfina, “PELATIHAN INOVASI PEMBELAJARAN MENGAHADAPI MASA PANDEMIC COVID-19,” Communnity Dev. J., vol. 1, no. 3, pp. 240–245, 2020, doi: https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.937.

N. P. Risma Handayani and I. B. G. Surya Abadi, “Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD,” Mimb. Ilmu, 2020, doi: 10.23887/mi.v25i1.24767.

A. K. Amin, N. S. Degeng, P. Setyosari, and E. T. Djatmika, “The Effectiveness of Mobile Blended Problem Based Learning on Mathematical Problem Solving,” Int. J. Interact. Mob. Technol., 2021, doi: 10.3991/IJIM.V15I01.17437.

A. Nurahman, W. Widodo, I. Ishafit, and B. O. Saulon, “The Development of Worksheet Based on Guided Discovery Learning Method Helped by PhET Simulations Interactive Media in Newton’s Laws of Motion to Improve Learning Outcomes and Interest of Vocational Education 10th Grade Students,” Indones. Rev. Phys., 2019, doi: 10.12928/irip.v1i2.776.

A. Elvanisi, S. Hidayat, and E. N. Fadillah, “Analisis keterampilan proses sains siswa sekolah menengah atas Skills analysis of science process of high school students,” J. Inov. Pendidik. IPA, 2018.

J. E. van Dijk-Wesselius, A. E. van den Berg, J. Maas, and D. Hovinga, “Green Schoolyards as Outdoor Learning Environments: Barriers and Solutions as Experienced by Primary School Teachers,” Front. Psychol., 2020, doi: 10.3389/fpsyg.2019.02919.

R. N. Stanulis et al., “Korelasi sederhana 10/13/2008 1,” Early Child. Educ. J., vol. 1, no. 1, 2007.

L. Sahara, N. Nafarudin, S. Fayanto, and B. A. Tairjanovna, “Analysis of Improving Students’ Physics Conceptual Understanding through Discovery Learning Models Supported by Multi-representation: Measurement Topic,” Indones. Rev. Phys., 2020, doi: 10.12928/irip.v3i2.3064.

I. K. Y. Sukmantara, A. Doyan, and G. Gunawan, “PENGEMBANGAN WEB INTRANET FISIKA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMKN 2 PRAYA TENGAH,” J. PIJAR MIPA, 2013, doi: 10.29303/jpm.v8i2.78.

Y. I. Sari, Sumarmi, D. H. Utomo, and I. K. Astina, “The Effect of Problem Based Learning on Problem Solving and Scientific Writing Skills,” Int. J. Instr., 2021, doi: 10.29333/iji.2021.1422a.

R. R. Hake, “Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses,” Am. J. Phys., 1998, doi: 10.1119/1.18809.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Laeli, S., Okimustava, O., & Kurniasari, E. . (2022). Kajian Model Problem Based Learning Berbasis Gamifikasi Wordwall Untuk Pembelajaran Fisika Di Masa New Normal. JEMAS : Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 3(2), 66–72. Retrieved from http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/1259