Pembelajaran Berbasis Case Method Melalui Aplikasi Zoom Meeting Terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa

Authors

  • Fatimah Fatimah Universitas Almuslim
  • M Taufiq Universitas Almuslim

Keywords:

Case Method, Zoom Meeting, Pemahaman Konsep, Pandemic Covid-19

Abstract

Perkembangan revolusi industri 4.0. dan Society 5.0. serta munculnya pandemic Covid-19 menuntut dosen untuk lebih kreatif dalam menyiapkan dan melaksanakan perkuliahan. Perkuliahan yang dilaksanakan secara daring mengakibatkan mahasiswa harus lebih ekstra dalam menelaah dan memahami materi perkuliahan yang diberikan oleh dosen secara mandiri. Umumnya, mahasiswa merasa agak kewalahan dengan beban tugas yang umumnya diberikan oleh dosen dalam perkuliahan daring. Dalam hal ini, untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti akan menerapkan pembelajaran berbasis case method melalui aplikasi zoom meeting di dalam perkulaian daring. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian Quasi Eksperimen pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Almuslim yang berjumlah 22 mahasiswa. Instrumen pengumpul data dalam penelitian ini berupa tes pilihan ganda yang dilakukan secara daring melalui e-learning. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa thitung  >  ttabel yaitu 7,33 > 1,72. Hal ini berarti pembelajaran berbasis case method melalui aplikasi zoom meeting berpengaruh terhadap pemahaman konsep mahasiswa.

References

W. A. F. Dewi, “Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar,” EDUKATIF J. ILMU Pendidik., 2020, doi: 10.31004/edukatif.v2i1.89.

N. Safarati, P. Studi Pendidikan Fisika, and F. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, “PELATIHAN INOVASI PEMBELAJARAN MENGAHADAPI MASA PANDEMIC COVID-19,” Communnity Dev. J., vol. 1, no. 3, pp. 240–245, 2020, [Online]. Available: http://bit.ly/WebinarPendFisika.

A. Sadikin and A. Hamidah, “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19:(Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic),” BIODIK J. Ilm. Pendidik. Biol., 2020.

F. Firman and S. Rahayu, “Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19,” Indones. J. Educ. Sci., 2020, doi: 10.31605/ijes.v2i2.659.

H. A. Mumtaha and H. A. Khoiri, “Analisis Dampak Perkembangan Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 Pada Perilaku Masyarakat Ekonomi (E-Commerce),” J. PILAR Teknol. J. Ilm. Ilmu Ilmu Tek., 2019, doi: 10.33319/piltek.v4i2.39.

M. P. Rezky, J. Sutarto, T. Prihatin, A. Yulianto, and I. Haidar, “Generasi Milenial yang Siap Menghadapi Era Revolusi Digital (Society 5.0 dan Revolusi Industri 4.0) di Bidang Pendidikan Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia,” Pros. Semin. Nas. Pascasarj., 2019.

N. L. Khusniyah and L. Hakim, “EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS DARING: SEBUAH BUKTI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS,” J. Tatsqif, 2019, doi: 10.20414/jtq.v17i1.667.

D. Haqien and A. A. Rahman, “Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19,” SAP (Susunan Artik. Pendidikan), 2020, doi: 10.30998/sap.v5i1.6511.

A. E. Sajaril, Rahmatia, and Syahira, “The Student Perspectives on the Effectiveness ofMedia Zoom Meeting in Increasing Knowledge of Thesis Writing at STKIP Muhammadiyah Manokwari,” Int. J. Educ. , Inf. Technol. Others, 2020.

S. Sukawati, “Pemanfaatan zoom meeting dan google classroom dalam mata kuliah inovasi,” J. Semant., 2021.

S. Puri, “Effective learning through the case method,” Innov. Educ. Teach. Int., 2020, doi: 10.1080/14703297.2020.1811133.

J. C. Kunselman and K. A. Johnson, “Using the Case Method to Facilitate Learning,” Coll. Teach., vol. 52, no. 3, pp. 87–92, 2004, doi: 10.3200/CTCH.52.3.87-92.

J. A. Bayona and D. I. Castañeda, “Influence of personality and motivation on case method teaching,” Int. J. Manag. Educ., 2017, doi: 10.1016/j.ijme.2017.07.002.

S. Nurahmi, E. Mulyadin, A. Andang, and S. Saifullah, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII B SMPN 2 MONTA,” SUPERMAT (JURNAL Pendidik. Mat., 2019, doi: 10.33627/sm.v3i1.170.

R. H. Ristanto, S. Rahayu, and S. Mutmainah, “Conceptual understanding of excretory system: Implementing cooperative integrated reading and composition based on scientific approach,” Particip. Educ. Res., 2021, doi: 10.17275/per.21.2.8.1.

A. L. Pines and L. H. T. West, “Conceptual understanding and science learning: An interpretation of research within a sources‐of‐knowledge framework,” Sci. Educ., 1986, doi: 10.1002/sce.3730700510.

R. M. Tan, R. T. Yangco, and E. N. Que, “Students’ conceptual understanding and science process skills in an inquiry-based flipped classroom environment,” Malaysian J. Learn. Instr., 2020, doi: 10.32890/mjli2020.17.1.7.

M. M. Trianggono, “Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pemecahan Masalah Fisika,” J. Pendidik. Fis. dan Keilmuan, 2017, doi: 10.25273/jpfk.v3i1.874.

J. Jusmawati, “EFEKTIVITAS MODEL KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR,” AULADUNA J. Pendidik. Dasar Islam, 2019, doi: 10.24252/auladuna.v6i2a7.2019.

H. J. Nenty, “Writing a Quantitative Research Thesis,” Int. J. Educ. Sci., 2009, doi: 10.1080/09751122.2009.11889972.

Y. Fitriyani, I. Fauzi, and M. Z. Sari, “MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMIK COVID-19,” Profesi Pendidik. Dasar, 2020, doi: 10.23917/ppd.v7i1.10973.

M. L. Maciejewski, “Quasi-experimental design,” Biostat. Epidemiol., 2020, doi: 10.1080/24709360.2018.1477468.

T. I. B. Al-Tabany, “Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual,” in Prenadamedia Group, 2014.

S. Sulistiani and Sukarman, “Membangun Karakter Berbasis Budaya Jawa Pada Era Revolusi Industri 4.0, Revolusi Society 5.0, Dan ‘Merdeka Belajar,’” Univ. Negeri Surabaya, 2020.

G. Ghufron, “Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, Dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan,” Semin. Nas. dan Disk. Panel Multidisiplin Has. Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy. 2018, 2018.

J. A. Cunningham, M. Menter, and C. Young, “A review of qualitative case methods trends and themes used in technology transfer research,” J. Technol. Transf., 2017, doi: 10.1007/s10961-016-9491-6.

Downloads

Published

2022-03-30

How to Cite

Fatimah, F., & Taufiq, M. (2022). Pembelajaran Berbasis Case Method Melalui Aplikasi Zoom Meeting Terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa. JEMAS : Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains , 3(1), 24-29. Retrieved from http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/1288