Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Organ Gerak Hewan Dan Manusia Melalui Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V SD Negeri 12 Bireuen.

Authors

  • Eva Yulia SDN 12 Bireuen

Keywords:

IPA, Problem Based Learning, Organ gerak hewan dan manusia, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada SD Negeri 12 Bireuen.Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 17 orang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh sebagian siswa masih dibawah standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 70. Hasil siklus 1 pada observasi pengajar,observasi siswa,dan hasil belajar belum berhasil. Masing–masing persentase tingkat keberhasilan berdasarkan hasil penelitian, maka hasil penelitian  menunjukkan bahwa siklus I  ditemukan 5 orang yang tuntas dengan  presentase 29,41% dan sisanya 12 orang yang dikategori tidak tuntas dengan nilai persentase sebesar 70 ,58%  hal ini menunjukkan belum optimal. Sehingga masih perlu dilakukan pengulangan siklus. Pada siklus II ini telah terjadi peningkatan hasil belajar. Hal ini terlihat pada Penilaian Hasil belajar bahwa di siklus II terdapat 15 siswa yang tuntas dengan Presentase 88,23%  sisanya  sebanyak 2 siswa yang tidak tuntas dengan presentase 11,76%. Hal ini menunjukkan pada pertemuan kedua mengalami peningkatan sebesar 76%  sehingga disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas V SD Negeri 12 Bireuen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi organ gerak hewan dan manusia.

References

A. Nakada, M. Kobayashi, Y. Okada, A. Namiki, and N. Hiroi, “Project-based learning,” J. Med. Soc. Toho Univ., 2018, doi: 10.14994/tohoigaku.2017-010.

N. Shofiyah and F. E. Wulandari, “Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa,” J. Penelit. Pendidik. IPA, vol. 3, no. 1, p. 33, 2018, doi: 10.26740/jppipa.v3n1.p33-38.

N. Rahma, Rahma & Safarati, “Penerapan Metode Eksperimen pada Materi Sifat-Sifat Cahaya dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa di Kelas V SD Negeri 1 Muara Dua Kota Lhokseumawe,” Variasi Maj. Ilm. Univ. Almuslim, 2019.

N. Hayati, N. Safarati, and M. Marnita, “UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI GERAK HARMONIK SEDERHANA DI KELAS X SMA NEGERI 1 KUALA,” J. Edukasi Mat. dan Sains, vol. 1, no. 1, 2020, [Online]. Available: http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/44.

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010.

Y. F. Surya, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar,” J. Pendidik. Mat., 2017.

Dimyanti & Mudjiono, Belajar&Pembelajaran. 2013.

Z. Abidin, “Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran,” Edcomtech, 2016.

U. Setyorini, S. E. Sukiswo, and B. Subali, “Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Smp,” J. Pendidik. Fis. Indones., 2011, doi: 10.15294/jpfi.v7i1.1070.

Rusman, “Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru,” in Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Downloads

Published

2022-03-30

How to Cite

Yulia, E. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Organ Gerak Hewan Dan Manusia Melalui Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V SD Negeri 12 Bireuen. JEMAS : Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains , 3(1), 30 - 32. Retrieved from http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/1289