EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 29 BIREUEN

Authors

  • Suryani Suryani MIN 29 Bireuen

Keywords:

Inquiri, Hasil belajar, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran inquiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 29 Bireuen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VI MIN 29 Bireuen yang berjumlah 28 siswa. Instrumen pengumpul data dalam penelitian ini adalah berupa RPP, LKS, tes, lembar observasi dan angket. Tehnik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan tehnik statistik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inquiri efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa kelas VI MIN 29 Bireuen pada materi keseimbangan ekosistem. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah siswa yang tuntas dalam belajar dari 86% pada siklus pertama menjadi 93% pada siklus kedua. Untuk aktivitas guru meningkat sebesar 13% dan 17% untuk aktivitas siswa. Selain itu, siswa kelas VI MIN 29 Bireuen memberikan respon yang baik terhadap pembelajaran dengan model pembelajaran inquiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

F. N. Kumala, Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. 2016.

Sri Wuryastuti, “Inovasi Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Dasar, 2008.

T. I. B. Al-Tabany, “Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual,” in Prenadamedia Group, 2014.

L. P. E. Marhaeni Wraswati, “Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP,” J. Educ. Technol., 2020, doi: 10.23887/jet.v4i1.23739.

Z. Zikra, Q. Aini, and S. Suwarniati, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA,” Pedagog. J. Ilm. Pendidik. dan Pembelajaran Fak. Tarb. Univ. Muhammadiyah Aceh, 2020, doi: 10.37598/pjpp.v7i2.834.

M. Pardosi, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI DENGAN MASYARAKAT BELAJAR DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA,” J. Teknol. Pendidik., 2020, doi: 10.24114/jtp.v13i1.17997.

S. Nurahmi, E. Mulyadin, A. Andang, and S. Saifullah, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII B SMPN 2 MONTA,” SUPERMAT (JURNAL Pendidik. Mat., 2019, doi: 10.33627/sm.v3i1.170.

W. Made, Strategi Pembelajaran Inovatif kontenporer. 2010.

D. K. Warnita, “Mengoptimalkan Penggunaan Model Inquiri Learning Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Peserta Didik Kelas IV Semester Satu Tahun Pelajaran 2019/2020 Di SD Negeri 34 Cakranegara,” JISIP (Jurnal Ilmu Sos. dan Pendidikan), 2020, doi: 10.36312/jisip.v4i2.1067.

S. H. Noer, “KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH OPEN-ENDED,” J. Pendidik. Mat., 2013, doi: 10.22342/jpm.5.1.824.

N. Safarati and R. Rahma, “Analysis of Students’ Understanding of Concepts on Momentum and Impulse Material Using Research-Based Learning (RBL) Models,” Indones. Rev. Phys., vol. 3, no. 1, p. 19, May 2020, doi: 10.12928/irip.v3i1.1944.

O. Hamalik, Psikologi Belajar dan Mengajar. 2002.

Fatimah, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 NISAM PADA KONSEP FLUIDA STATIS,” J. Pendidik. Almuslim, vol. Nomor 3, no. Mei 2017, pp. 38–45, 2017.

N. Sudjana, Dasar-dasar proses mengajar. 2002.

N. Elpira and A. Ghufron, “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD,” J. Inov. Teknol. Pendidik., 2015, doi: 10.21831/tp.v2i1.5207.

A. Suharsimi, “Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi),” Jakarta: Rineka Cipta, 2013, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Y. F. Surya, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar,” J. Pendidik. Mat., 2017.

Downloads

Published

2021-03-10

How to Cite

Suryani, S. (2021). EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 29 BIREUEN. JEMAS : Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 2(1), 5–9. Retrieved from http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/420