PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA

Authors

  • Nanda Safarati Universitas Almuslim
  • Fatma Zuhra Universitas Almuslim

Keywords:

Berpikir Kritis, Multimedia Interaktif, Quantum Teaching

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran quantum learning berbantuan multimedia interaktif. Pembelajaran secara umum bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa secara optimal. Salah satu kemampuan yang harus ditingkatkan adalah kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah two group pretes-postes design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Peusangan, di kelas XI2 dan kelas XI3. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas, dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling dan terpilih dua kelas sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran quantum teaching berbantuan multimedia interaktif dan kelas kontrol dengan model pembelajaran direct instruction. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui pemberian tes awal (pre test) dan tes akhir (post test). Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah  thitung sebesar 6,377 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 0,05 diperoleh : t(0, 05) (db)  = 2,042. Dengan demikian terlihat bahwa thitung> ttabel yaitu 6,377 > 2,042 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan dengan penerapan model pembelajaran quantum teaching berbantuan multimrdia interaktif dengan siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran direct instruction.

Downloads

Download data is not yet available.

References

N. Nurhayati, F. Zuhra, and S. Septiani, “PENINGKATAN KOMPETENSI CALON GURU IPA MELALUI PELATIHAN PENGELOLAAN LABORATORIUM,” JCES (JOURNAL CHARACTER Educ. Soc., vol. 3, no. 3, pp. 679–687, 2020.

R. Mahmuzah, “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem Posing,” J. Peluang, vol. 4, no. 1, pp. 64–72, 2015.

F. Zuhra and S. Sharfina, “Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning dengan Teknik Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Konsep Gaya,” JEMAS (Jurnal Edukasi Mat. dan Sains), vol. 1, no. 2, pp. 57–60, 2020.

T. Ape P, M. Tanwil, and B. D. Amin, “Model Pembelajaran Quantum Learning Dengan Media Presentasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas VII.5 SMP Negeri 14 Makasar,” J. Pendidik. Fis. Univ. Muhammadiyah Makassar, vol. 3, no. 1, pp. 64–73, 2015.

R. Rahma and N. Safarati, “Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Selama Pandemic Covid-19,” GENTA MULIA, 2021.

S. L. Dewi, I. G. A. S. Asri, and N. N. Ganing, “Pembelajaran IPA dengan Model Quantum Teaching Berbantuan Multimedia Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA,” J. Penelit. dan Pengemb. Pendidik., vol. 4, no. 2, pp. 316–324, 2020.

N. P. E. Sari, I. K. A. P. Putra, and R. Kristiantari, “PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS,” J. Educ. Technol., vol. 3, no. 4, pp. 237–244, 2019.

B. DePorter, Quantum Teaching Mempraktekkan Quantum Learning Diruang-Ruang Kelas. 2010.

Suyanto, Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. 2003.

T. Anggiasari, S. Hidayat, and B. A. A. Harfian, “ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA DI KECAMATAN KALIDONI DAN ILIR TIMUR II,” Bioma J. Ilm. Biol., vol. 7, no. 2, pp. 183–195, 2018, doi: 10.26877/bioma.v7i2.2859.

N. S. Sukmadinata, Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2003.

Baihaqi;, Isnawar;, and Aminuddin;, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SAWANG PADA KONSEP GERAK LURUS,” 2013.

M. Darsono, Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang, 2004.

Downloads

Published

2021-03-10

How to Cite

Safarati, N. ., & Zuhra, F. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA. JEMAS : Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 2(1), 33–37. Retrieved from http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/424