PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 KUTAPANJANG PADA MATERI GELOMBANG

Authors

  • Raimah Raimah SMA Negeri 1 Kutapanjang

Keywords:

Problem Based Learning, Penguasaan Konsep, Media Animasi

Abstract

Rendahnya kemmpuan berpikir peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Kutapanjang disebabkan oleh kurangnya motivasi peserta didik dalam belajar yang diakibatkan oleh berbagai faktor, salah satunya yaitu proses pembelajaran di kelas. Salah satu alternatif yang dapat diberikan untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik tersebut adalah dengan pembelajaran yang inovatif sesuai dengan perkembangan IPTEK di era revolusi industry 4.0 dan society 5.0. seperti penggunaan media animasi dalam model Problem Based Learning. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengukur penguasaan konsep peserta didik, aktivitas guru dan peserta didik serta respon peserta didik dalam pembelajaran. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Kutapanjang. Setelah data terkumpul, selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan statistik persentase. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penggunaan model Problem Based Learning berbasis media animasi dapat meningkatkan kepenguasaan konsep peserta didik, aktivitas guru dan peserta didik serta respon peserta didik SMA Negeri 1 Kutapanjang dalam pembelajaran fisika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

F. N. Kumala, Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. 2016.

Sri Wuryastuti, “Inovasi Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Dasar, 2008.

T. I. B. Al-Tabany, “Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual,” in Prenadamedia Group, 2014.

L. P. E. Marhaeni Wraswati, “Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP,” J. Educ. Technol., 2020, doi: 10.23887/jet.v4i1.23739.

Z. Zikra, Q. Aini, and S. Suwarniati, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA,” Pedagog. J. Ilm. Pendidik. dan Pembelajaran Fak. Tarb. Univ. Muhammadiyah Aceh, 2020, doi: 10.37598/pjpp.v7i2.834.

M. Pardosi, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI DENGAN MASYARAKAT BELAJAR DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA,” J. Teknol. Pendidik., 2020, doi: 10.24114/jtp.v13i1.17997.

S. Nurahmi, E. Mulyadin, A. Andang, and S. Saifullah, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII B SMPN 2 MONTA,” SUPERMAT (JURNAL Pendidik. Mat., 2019, doi: 10.33627/sm.v3i1.170.

W. Made, Strategi Pembelajaran Inovatif kontenporer. 2010.

D. K. Warnita, “Mengoptimalkan Penggunaan Model Inquiri Learning Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Peserta Didik Kelas IV Semester Satu Tahun Pelajaran 2019/2020 Di SD Negeri 34 Cakranegara,” JISIP (Jurnal Ilmu Sos. dan Pendidikan), 2020, doi: 10.36312/jisip.v4i2.1067.

S. H. Noer, “KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH OPEN-ENDED,” J. Pendidik. Mat., 2013, doi: 10.22342/jpm.5.1.824.

O. Hamalik, Psikologi Belajar dan Mengajar. 2002.

Fatimah, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 NISAM PADA KONSEP FLUIDA STATIS,” J. Pendidik. Almuslim, vol. Nomor 3, no. Mei 2017, pp. 38–45, 2017.

N. Sudjana, Dasar-dasar proses mengajar. 2002.

N. Elpira and A. Ghufron, “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD,” J. Inov. Teknol. Pendidik., 2015, doi: 10.21831/tp.v2i1.5207.

A. Suharsimi, “Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi),” Jakarta: Rineka Cipta, 2013, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Y. F. Surya, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar,” J. Pendidik. Mat., 2017.

Downloads

Published

2021-03-10

How to Cite

Raimah, R. (2021). PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 KUTAPANJANG PADA MATERI GELOMBANG. JEMAS : Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 2(1), 10–15. Retrieved from http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/428