PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) PADA MATERI HUKUM NEWTON

Authors

Keywords:

Media pembelajaran, Hasil Belajar, Computer Assisted Instruction (CAI)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan media pembelajaran berbasis CAI yang layak sebagai sumber belajar dalam pembelajaran fisika siswa SMA, serta mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Responden penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Lhokseumawe kelas X. Responden dalam penelitian ini sebanyak 55 orang, terdiri atas 2 orang validator, 6 orang siswa uji coba individu, 12 orang siswa uji coba kelompok kecil, dan 35 siswa uji coba Kelompok besar. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar validasi untuk ahli media dan ahli materi, lembar observasi dan kuesioner. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan media pembelajaran fisika dikembangkan melalui beberapa tahap yaitu: analisis kebutuhan, pengembangan produk, uji lapangan, dan diseminasi. Berdasarkan hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa aspek pembelajaran masuk kategori baik (rerata 4,20) dan aspek materi masuk kategori baik (rerata 4,00), dan hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa aspek media masuk kategori baik (rerata 4,00). Hasil uji coba kelompok besar menunjukkan bahwa aspek pembelajaran masuk kategori sangat baik (rerata 4,69), aspek materi masuk kategori sangat baik (rerata 4,65), dan aspek media masuk kategori sangat baik (rerata 4,71). Hasil penilaian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran fisika untuk siswa SMA layak digunakan sebagai sumber belajar. Selain itu penggunaan media pada proses pembelajaran fisika mampu meningkatkan hasil belajar siswa baik, terbukti dengan ketuntasan yang dicapai sebesar 71,43% dari ketuntasan semula 14,29% menjadi 85,72%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

N. Safarati and R. Rahma, “Penerapan model advance organizer menggunakan Macromedia Flash untuk meningkatkan pemahanan konsep Siswa SMA Negeri 3 Bireuen,” J. Ris. dan Kaji. Pendidik. Fis., 2019, doi: 10.12928/jrkpf.v6i2.14514.

M. N. Hana, “Pemanfaatan Media Komputer Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Siswa,” J. Pengajaran Mat. dan Ilmu Pengetah. Alam, 2007, doi: 10.18269/jpmipa.v9i1.356.

Widada and A. Rosyidi, “Perancangan Media Pembelajaran Fisika SMP Berbasis Multimedia Interaktif,” J. IT CIDA Vol. 3 No. 2 Desember 2017, 2017.

J. P. Gee, “What video games have to teach us about learning and literacy,” Comput. Entertain., 2003, doi: 10.1145/950566.950595.

N. Bennett, W. R. Borg, and M. D. Gall, “Educational Research: An Introduction,” Br. J. Educ. Stud., 1984, doi: 10.2307/3121583.

R. Phillips, The developer’s handbook of interactive multimedia: A practical guide for educational applications. 2014.

Z. Arifin, “Evaluasi pembelajaran,” Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012, doi: 979-692-956-2.

Downloads

Published

2020-03-25

How to Cite

Rahma, R., & Fatimah, F. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) PADA MATERI HUKUM NEWTON. JEMAS : Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 1(1), 14–18. Retrieved from http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/46