PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X SMA NEGERI 1 KUALA

Authors

  • Novianti Novianti Universitas Almuslim
  • Siti Khaulah Universitas Almuslim

Keywords:

Numbered Heads Together, Pembelajaran Konvensional, Kemampuan berfikir kritis

Abstract

Ketidakmampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan khususnya konsep matematika, disebabkan oleh rendahnya kemampuan berfikir kritis siswa sehingga menjadi suatu masalah dalam pembelajaran matematika.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa pada materi trigonometri di kelas X SMA Negeri 1 Kuala dengan menerapkan strategi pembelajaran Numbered Heads Together. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kuala yang terdiri dari 6 kelas. Sampel yang diambil hanya 2 kelas yaitu X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 21 orang dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol  dengan siswa berjumlah 23 orang. Sampel dipilih dengan cara acak. Data dianalisis dengan t-tes. Hasil penelitian dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikan α=0,05 diperoleh t-hitung > t-tabel  (2,26 > 1,68), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berfikir kritis siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran NHT lebih baik dari pada yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional Serta terjadi peningkatan kemmapuan berfikir kritis siswa dengan pembelajaran Numbered Heads Together. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Number Head Together  dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi trigonometri di kelas X SMA Negeri 1 Kuala.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. H. Suyanto, “Mengenal E-Learning sebagai salah satu bentuk kegiatan pembelajaran,” Technology, 2005.

E. Russefendi, Pengantar kepada membantu guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematik untuk meningkatkan CBSA. 2006.

M. Abdurrahman, “Anak Berkesulitan Belajar,” Anak Berkesulitan Belajar. 2012.

N. Happy, S.Pd, E. Listyani, and M.Si, “Improving The Mathematic Critical And Creative Thinking Skills In Grade 10 th SMA Negeri 1 Kasihan Bantul On Mathematics Learning Through Problem-Based Learning,” Int. Semin. Fourth Natl. Conf. Math. Educ. 2011, 2011.

A. Suharsimi;, “Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan,” Jakarta: Bumi Aksara. 2013.

S. Suryabrata, “Metode Pene-litian,” Jakarta PT. Raja Graf. Persada, 2003.

L. Agustina, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 4 Sipirok Kelas VII Melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR),” EKSAKTA J. Penelit. dan Pembelajaran MIPA, 2016.

Sudjana, “sudjana,” in Metoda statistika, 2005.

Downloads

Published

2023-05-17

How to Cite

Novianti , N. ., & Khaulah, S. . (2023). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X SMA NEGERI 1 KUALA. JEMAS : Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 1(1), 30–34. Retrieved from http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/50