PENGARUH KEGIATAN BELAJAR DARI RUMAH (STUDY FROM HOME) BERBASIS E-LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MAN 3 BIREUEN PADA MATA PELAJARAN FISIKA

Authors

  • Khailiani Khailiani Universitas Almuslim
  • M Taufiq Universitas Almuslim
  • Fatimah Fatimah Universitas Almuslim

Keywords:

belajar dari rumah (study from home), e-learning, motivasi belajar, hasil belajar

Abstract

Pandemi covid-19 ini memberikan dampak negatif terhadap seluruh sektor yang ada di Indonesia, terutama pada bidang pendidikan sehingga muncul alternatif untuk menyelesaikan permasalahan tersebut yaitu dengan cara menerapkan sistem belajar dari rumah (online). Tujuan penelitian untuk mengetahui adanya pengaruh kegiatan belajar dari rumah (study from home) berbasis e-learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa MAN 3 Bireuen pada mata pelajaran fisika. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen (quasi experimental). Hasil penelitian yang diperoleh bahwa   =1,139 dan =1,706 yaitu 1,139 < 1,706 maka dapat disimpulkan bahwa H1 ditolak dan hipotesis Ho diterima ini dapat kita lihat dengan persamaan  < . Hal ini berarti bahwa tidak ada pengaruh kegiatan belajar dari rumah (study from home) berbasis e-learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 5 MAN 3 Bireuen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Sagala, Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2010.

A. Dkk Purwanto, “Studi Eksploratif Dampak Pandemik Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar,” Edupsycouns J., Vol. 2, Pp. 1–12, 2020.

M. Dkk Nakayama, “The Impact Of Learner Characterics On Learning Performance In Hybird Courses Among Japanese Student,” Elektron. J. E-Learning, Vol. 5, No. 3, Pp. 195–206, 2007.

U. S. Sau’ud, Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2008.

D. Darmawan, Pengembangan E-Learning: Teori Dan Desain. Bandung: Pt Remaja Rosda Karya., 2014.

Rahma And F. Fatimah, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Computer Assisted Instruction (CAI Pada Materi Hukum Newton,” Jemas J. Edukasi Mat. Dan Sains, Vol. 1, No. 1, 2020.

A. M. Sardiman, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

H. Mudjiman, Belajar Mandiri. Surakarta: Uns Press, 2011.

H. Uno, Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: Pt Bumi Aksara Bandung Pt Remaja Rosdaka Karya, 2011.

A. Supraktiknya, Penilaian Hasil Belajar Dengan Teknik Nontes. Yogyakarta: Universitas Sanata Darma, 2012.

Djamarah; Zain, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pt. Rineka Cipta, 2013.

Slameto, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Pt Rineka Cipta, 2010.

Byram; Hu, Routledge Encyclopedia Of Language Teaching And Learning, Second Edi. New York: Routledge, 2013.

Straus; Dkk, Translation In Health Care Moving From Evidence To Practice. London: Bmj Publishing Group, 2013.

K. D. Moore, Effective Instructional Strategies From Theory To Practice. London: Sage, 2014.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2011.

Rusman, “Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru,” In Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Downloads

Published

2020-09-25

How to Cite

Khailiani, K., Taufiq , M., & Fatimah, F. (2020). PENGARUH KEGIATAN BELAJAR DARI RUMAH (STUDY FROM HOME) BERBASIS E-LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MAN 3 BIREUEN PADA MATA PELAJARAN FISIKA. JEMAS : Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 1(2), 39–43. Retrieved from http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/91