UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI LUAS BANGUN RUANG SISI DATAR MELALUI METODE INKUIRI DI KELAS VIII SMP SWASTA ISLAM DARUL ULUM

Authors

  • Salawati Salawati SMP Negeri 7 Peusangan

Keywords:

Prestasi Belajar Siswa, Bagun Ruang Sisi Datar, Metode Inkuiri, Siswa SMP

Abstract

Dewasa ini pemerintah berusaha meningkatkan mutu pendidikan melalui pengembangan dan penyempurnaan sistem pengajaran.Hal tersebut dilakukan untukm meningkatkan prestasi belajar siswa. Dengan penggunaan metode mengajar yang tepat dan bervariasi serta sesuai dengan materi yang akan disajikan sangat mempengngaruhi prestasi belajar siswa, khususnya dalam bidang studi matematika. Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya peningkatan prestasi belajar siswa pada materi luas bangun ruang sisi datar dengan menggunakan metode inkuiri. Populasi dalam penelitian ini  adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Islam Darul Ulum yang berjumlah 32  orang, teknik analisis data dengan statistik sederhana  yaitu mencari persentase dari data yang telah dikumpulkan. Hasil observasi kinerja  guru tiap siklus, dalam penelitian ini ada 2 siklus, dianalisis dari 3  orang observer. Data angket tanggapan siswa dalam proses pembelajaran dianalisis dengan teknis deskriptif kuantitatif dengan menghitung frekwensi dan persentase masing-masing respon yang muncul. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar pada siklus 1 adalah 50 % meningkat pada siklus 2 yaitu 75,71%, sedangkan untuk keaktifan belajar siswa pada siklus pada siklus 1 adalah 50,01% meningkat menjadi 81,24% pada siklus 2. Maka dapat disimpulkan pembelajaran mengunakan metode inkuiri pada materi luas bangun ruang sisi datar mampu meninggkatkan prestasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

B. Warsita, “Teori Belajar Robert M. Gagne Dan Implikasinya Pada Pentingnya Pusat Sumber Belajar,” J. Teknodik, 2018, Doi: 10.32550/Teknodik.V12i1.421.

Agus Suprijono, Cooperative Learning Teori Dan Paikem. 2010.

R. Rahma And F. Fatimah, “Peningkatkan Pemahaman Konsep Ipa Melalui Model Numbered Head Together (Nht) Berbasis Multimedia Improving The Understanding Of Ipa Concept Through Numbered Head Together (Nht) Models Based On Multimedia,” 2019. Doi: Https://Doi.Org/10.29103/Relativitas.V2i1.2019.

Syaiful Bahri Djamarah, “Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pt Rineka Cipta,” Syaiful Bahri Djamarah Dan Aswan Zain, 2006.

I. Puspitasari, I. Emaliana, N. Lailiyah, A. Lintangsari, And P. Soewarso, “Interweaving Efl Learners’ Speaking, Reading, Writing Strategies And Epistemic Beliefs To Language Achievement Through E-Learning,” 2019, Doi: 10.4108/Eai.23-3-2019.2284957.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kauntitatif, Kualitatif, R&D. 2017.

Downloads

Published

2020-09-25

How to Cite

Salawati, S. (2020). UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI LUAS BANGUN RUANG SISI DATAR MELALUI METODE INKUIRI DI KELAS VIII SMP SWASTA ISLAM DARUL ULUM. JEMAS : Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 1(2), 61–63. Retrieved from http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/96