Efektivitas Tubifex sp. dan pakan komersial dengan kadar protein berbeda terhadap pertumbuhan benih ikan gabus (Channa striata)

Authors

  • Amir Firli Program Studi Akuakultur Fakultas Pertanian, Universitas Samudra, Langsa, Jl. Prof. Dr. Syarief Thayeb, Meurandeh, Langsa
  • Siti Komariyah Program Studi Akuakultur Fakultas Pertanian, Universitas Samudra, Langsa, Jl. Prof. Dr. Syarief Thayeb, Meurandeh, Langsa
  • Muhammad Fauzan Isma Program Studi Akuakultur Fakultas Pertanian, Universitas Samudra, Langsa, Jl. Prof. Dr. Syarief Thayeb, Meurandeh, Langsa

DOI:

https://doi.org/10.51179/jipsbp.v3i2.511

Abstract

Ikan gabus (Channa striata) merupakan salah satu komoditas jenis ikan air tawar yang hidup didaerah rawa-rawa maupun sungai yang memiliki nilai ekonomis tinggi dengan harga jual percentimeters dari panjang tubuhnya dan sangat bermanfaat dalam dunia medis dan industri. Tujuan pengkombinasian pakan komersil dan cacing sutra untuk benih ikan gabus guna untuk lebih menyempurnakan kandungan nilai gizi yang diberikan dan dapat memaksimalkan pertumbuhan benih ikan gabus.Tujuan penelitian ini untuk melihat tingkat pertumbuhan benih ikan gabus yang diberi pakan komersil yang dikombinasikan dengan cacing sutra (Tubifex sp.). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 perlakuan dan 3 kali ulangan yaitu pakan komersil protein 40% (kontrol), pakan komersil protein 29% + cacing sutra, Pakan komersil protein 35% + cacing sutra, dan pakan komersil protein 40% + cacing sutra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan yang diberikan memberikan pengaruh yang nyata terhadap terhadap kinerja pertumbuhan benih ikan gabus. Pakan komersil protein 40% + cacing sutra merupakan perlakuan terbaik untuk kinerja pertumbuhan yaitu menghasilkan pertumbuhan panjang mutlak 0,53 cm, pertumbuhan bobot mutlak 0,79 g dan laju pertumbuhan harian 0,03%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budianto, Soko, N., Heny, S., dan Arning, W. E. (2019). Pengaruh Pemberian Pakan Alami Cacing Tubifex sp. Terhadap Panjang dan Berat Ikan Ramirezi (Mikrogeophagus ramirezi). Journal of Fisheries and Marine Research, 3(1): 75-79

Effendi, M.I. (1979). Metoda Biologi Perikanan. Yayasan Pustaka Nusantara, Yogyakarta, 112 hlm. (edisi I)

Effendi, M.I. (1997). Biologi Perikanan. Yayasan Pustaka Nusantara. Yogyakarta.163 hlm. (edisi II)

Hariati, E. (2010). Potensi Tepung Cacing Sutra (Tubifex sp.) dan Tepung Tapioka Untuk Substitusi Pakan Komersial Ikan. [Skripsi]. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.Yogyakarta.

Kordi, K. M. G. H. (2011). Panduan Lengkap Bisnis Budidaya Ikan Gabus. Yogyakarta (ID). Penebar Swadaya.

Mahardika, S., Mustahal, Indaryanto, F. R., Saputra, A. (2017). Pertumbuhan dan Sintasan Larva Ikan Gabus (Channa striata) yang diberi Pakan Alami Berbeda. Jurnal Perikanan dan Kelautan, 7(1): 82-92.

Makmur, S., (2004). Proses Metabolisme Protein Pakan Pada Ikan.Warta Perikanan Indonesia, 10(3): 14-16.

Mutaqin, Z. (2006). Pola sebaran hama dan penyakitkan yang disebabkan oleh penyakit dan bakteri pada beberapa provinsi di Indonesia. Skripsi IPB. Fakultas Kedokteran Hewan. Bogor (dipublikasikan).

Saputra, H., Nikhlani A., Isriansyah. (2016). Kombinasi Pakan Alami Cacing Tubifex sp dan Pakan Buatan Terhadap Kelangsungan Hidup Dan Pertumbuhan Benih Ikan Gabus (Channa striata Bloch) Dalam Upaya Domestikasi Ikan Spesifik Lokal. J. Aquawarman, 2 (2) : 20-27.

Suharyadi. (2012). Studi Penumbuhan dan Produksi Cacing Sutera (Tubifex sp.) dengan Pupuk yang Berbeda dalam Sistem Resirkulasi. [Tesis]. Universitas Terbuka, Jakarta. 116 hlm

Webster, C. D and Lim, C. (2002). Nutrients Requirements and Feeding of Finfish for Aquaculture.CABI Publishing. CAB International Wallingford Oxon OX10 8DE. UK. 418p.

Yanti, R. (2012). Pengaruh Nutrisi Ikan Gabus Terhadap Penambahan Berat Badan Balita Gizi Kurang. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Riau. Riau.

Yulisman, D. Jubaedah dan Fitrani, M. (2011). Kelangsungan Hidup dan Pertumbuhan Ikan Gabus (Channa striata) pada Berbagai Tingkat Pemberian Pakan. Jurnal Perikanan dan Kelautan, Universitas Pekalongan, 3(1):43-48.

Yusliman, M., Fitriani, D., Jubaedah. (2012). Peningkatan Pertumbuhan dan Efisien Pakan Ikan Gabus (Channa striata) melalui Optimasi Kandungan Protein dalam Pakan. Berkala Perikanan Terubuk, 40(2): 47-55.

Zonneveld, N., E.A. Huisman, Z.H. Boom. (1991). Prinsip-prinsip Budidaya Ikan. Gamedia Pustaka Utama, Jakarta. 318 hal.

Published

2021-11-04

How to Cite

Firli, A., Komariyah, S., & Fauzan Isma, M. (2021). Efektivitas Tubifex sp. dan pakan komersial dengan kadar protein berbeda terhadap pertumbuhan benih ikan gabus (Channa striata). Arwana: Jurnal Ilmiah Program Studi Perairan, 3(2), 82–86. https://doi.org/10.51179/jipsbp.v3i2.511

Issue

Section

Articles