Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Melipat Kertas Warna Berbasis Audio Visual

Authors

  • Rika Aulia Nanda TK Ananda Bireuen
  • Rahma Rahma Universitas Almuslim

Keywords:

Kemampuan Motorik Halus, Audio Visual, Melipat Kertas Warna

Abstract

Rendahnya kemampuan motorik halus anak pada kelompok B1 TK Ananda merupakan suatu masalah yang perlu dibenahi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak berbasis media audio visual melalui kegiatan melipat kertas warna serta pada kelompok B1 di TK Ananda Kecamatan Jeunieb Kabupaten Bireuen. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah anak kelompok B1 di TK Ananda Kecamatan Jeunieb Kabupaten Bireuen sebanyak 15 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan hasil unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus anak berbasis media audio visual melalui kegiatan melipat kertas wama mengalami peningkatan.  Hal ini terlihat dari hasil tes unjuk kerja anak dimana pada tindakan II siklus  I  anak  yang  tuntas hanya 60,00% dan pada tindakan II siklus II rneningkat menjadi 86,67%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan motorik halus anak berbasis media audio visual melalui kegiatan melipat kertas wama pada kelompok B1 di TK Ananda Kecamatan Jeunieb Kabupaten Bireuen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, S., Nasirun, M., & D, D. (2018). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Bermain dengan Barang Bekas. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 24–33.

Amalia, I. A. (2016). Aspek Perkembangan Motorik Dan Hubungannya Dengan Aspek Fisik Dan Intelektual Anak. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 1–12.

Fikriati, M. (2013). Perkembangan Anak Usia Emas (Golden Age). Perum Kasngan Permai E24.

Hairani. (2019). Meningkatkan Keteramplan Motorik Halus Anak melalui Melipat Kertas pada Kelompok A TK Dharma Wanita Rempung. Bintang, 1(1).

Kamelia, N. (2019). PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK ANAK USIA DINI (STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK ) STPPA TERCAPAI di RA HARAPAN BANGSA MAGUWOHARJO CONDONG CATUR YOGYAKARTA. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 112. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.9064

Komaini, A. (2018). KEMAMPUAN MOTORIK ANAK USIA DINI (Edisi Pert). PT RajaGrafindo Persada.

Munir. (2017). Pembelajaran Digital. In Alfabeta.

Purwono, J., Yutmini, S., & Anitah, S. (2018). Penggunaan Media Audio-Visual pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 127–144.

Puspitaningrum, F. R., Wahyuningsih, S., & Samidi. (2016). Motorik Halus Melalui Media Realia Pada Anak Kelompok a Tk Tunas Bangsa Pati. Kumara Cendekia, 6(4), 241–248.

Setiani, R. E. (2013). Memahami Pola Perkembangan Motorik Pada Anak Usia Dini. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 18(3), 455–470.

Suryana, D. (2018). Dr . Dodon Suryono (Edisi Pert). PRENAMEDIA GROUP.

Yunmahlizar, Y., & Rahma, R. (2020). UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNTING DI TK AL MUSDAR. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (JUPEGU-AUD), 1(1), 1–6. http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jpg/article/view/29

Downloads

Published

2022-03-29

How to Cite

Aulia Nanda, R., & Rahma, R. (2022). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Melipat Kertas Warna Berbasis Audio Visual . Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 3(1), 1–4. Retrieved from http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jpg/article/view/1032