PELATIHAN DAN PEMBINAAN PELAYANAN KERJA FINANCIAL SUPPORT MELALUI ON THE JOB TRAINING (Studi Kasus Mahasiswa FEBI IAIN Lhokseumawe)

Authors

  • Ismaulina Ismaulina IAIN Lhokseumawe

DOI:

https://doi.org/10.51179/pkm.v3i2.213

Keywords:

financial support, OJT, pelatihan, pelayanan kerja, pembinaan

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan dan pembinaan pelayanan kerja financial support melalui on the job training bertujuan untuk mengetahui: 1) peyusunan dan pendataan berkas nasabah pembiayaan PT. BRI Syariah; 2) sistem pelayanan kerja finance support PT. BRI Syariah KC. Banda Aceh; 3) memperoleh pengalaman belajar langsung tentang pemberdayaan masyarakat, melatih mental, disiplin waktu, kreatifitas dalam pekerjaan di dunia kerja yang sesungguhnya; 4) berkepribadian dewasa dan berwawasan dengan mengembangkan pemikiran dan penalaran agar mampu memecahkan problematika di masyarakat, mendekatkan perguruan tinggi dengan masyarakat dan membantu pemerintah mempercepat pembangunan. Tahapan pelaksanaan kegiatannya, yaitu mahasiswa mengikuti briefing pagi dan diperkenalkan kepada pegawai PT. BRI Syariah. Lalu, praktikan ditempatkan di bagian finance support dan diberikan arahan oleh manager finance support dan area support untuk menjalankan tugas yang akan diberikan. Lalu, mahasiswa berkoordinasi dengan pihak karyawan yang ditunjuk sebagai fasilitator mengenai pokok permasalahan yang dihadapi. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan PKM berupa pelatihan dan pembinaan pelayanan kerja financial support di PT. BRI Syariah KC Banda Aceh oleh mahasiswa IAIN Lhokseumawe melalui OJT, disimpulkan bahwa: 1) mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman dan wawasan di dunia kerja, khususnya bidang financial support di PT. BRI Syariah; dan 2) bidang kerja mahasiswa praktikan selama OJT yaitu menyusun dan mendata arsip nasabah KPR, KUR, SME, MULTIGUNA dan MULTI JASA, membuat BI checking bagian marketing, mendata identitas mahasiswa UIN AR-RANIRY dalam pembuatan KTM, membuka dan menjaga stand PT. BRI Syariah dalam kegiatan FESYAR dan menyusun berkas persiapan qanun Aceh.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ismaulina Ismaulina, IAIN Lhokseumawe

Program Studi Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Ismaulina, I. (2020). PELATIHAN DAN PEMBINAAN PELAYANAN KERJA FINANCIAL SUPPORT MELALUI ON THE JOB TRAINING (Studi Kasus Mahasiswa FEBI IAIN Lhokseumawe). RAMBIDEUN : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 6–10. https://doi.org/10.51179/pkm.v3i2.213