Bentuk Kekerasan Verbal pada Tokoh Perempuan dalam Novel Kasidah-Kasidah Cinta karya Muhammad Muhyiddin (Kajian Ketidakadilan Gender)

Authors

  • Novi Hardiana Putri Universitas Malikussaleh
  • Radhiah Radhiah Universitas Malikussaleh
  • Syahriandi Syahriandi Universitas Malikussaleh

Keywords:

kekerasan verbal, tokoh perempuan, Novel, ketidakadilan gender

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk kekerasan yanga dialami oleh tokoh perempuan dalam nover Kasidah-Kasidah Cinta karya Muhammad Muhyiddin. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Pendekatan tersebut dilakukan dengan maksud membuat deskripsi, gambaran, atau lukisan secara sistematis. Sumber data primer adalah sumber utama dalam penelitan diperoleh tanpa adanya proses perantara. Adapun sumber data yang digunakan berupa novel Kasidah-Kasidah Cinta karya Muhammad Muhyidin yang diterbitkan oleh Diva Press, dan dicetak empat belas kali pada November 2007 dengan jumlah 308 halaman. Dalam hal pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik baca dan teknik catat (baca-catat) yaitu dengan menganalisis isi novel. Analisis data kualitatif  bersifat induktif, yaitu analisis yang digunakan harus berdasarkan data yang diperoleh, selanjtnya dikembangkan dengan cara dideskripsikan (Sugiyono, 2017:130). Data-data ini diperoleh dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer meliputi teknik membaca dan teknik mencatat, sedangkan data sekunder adalah teknik riset kepustakaan. Adapun langkah-langkah penelitian ini secara umum meliputi hal-hal berikut. 1) Menganalisis data-data yang telah dikumpulkan berdasarkan kajian pustaka. 2) Menyusun laporan penelitian dengan mengunakan bahasa dan sistematis penulisan penelitian yang sesuai. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bentuk ketidakadilan gender yang dialami tokoh perempuan dalam novel Kasidah-Kasidah Cinta karya Muhammad Muhyidin adalah bentuk kekerasan menunjukkan hasil analisis sebanyak sembilan data.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Novi Hardiana Putri, Universitas Malikussaleh

<br data-mce-bogus="1">

Downloads

Published

2021-03-30

How to Cite

Novi Hardiana Putri, Radhiah Radhiah, & Syahriandi Syahriandi. (2021). Bentuk Kekerasan Verbal pada Tokoh Perempuan dalam Novel Kasidah-Kasidah Cinta karya Muhammad Muhyiddin (Kajian Ketidakadilan Gender). Aliterasi (Jurnal Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra), 1(2), 116–124. Retrieved from http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/alt/article/view/574