Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

Template Artikel Jurnal Arwana
Download Template Artikel Arwana: Jurnal Ilmiah Program Studi Perairan dan gunakan layout dan ketentuan pengetikannya secara langsung dengan menggunakan "Paste Special" pada dokumennya. 
 
Pedoman Penulisan Artikel

Setiap penulis wajib menyertakan Copyright Transfer Agreement dan menggunakan Author Template yang telah disediakan.

Naskah yang diterima redaksi berisi hasil penelitian primer tani ilmu perikanan yang belum pernah diterbitkan dan penulisannya mengikuti ”Petunjuk bagi Penulis” ini. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris. Untuk memudahkan penelaahan oleh redaksi dan mitra bestari, naskah diketik satu setengah spasi menggunakan huruf (font) centrury 11 pt. Naskah dikirim ke Dewan Redaksi Arwana: Jurnal Ilmiah Program Studi Perairan.
 
Format naskah
Terdiri atas Judul, Nama Penulis, Instansi, Alamat Lengkap dan E-mail, Abstrak (dalam bahasa Indonesia dan Inggris), Pendahuluan, Bahan dan Metode, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan Terima Kasih (jika diperlukan), dan Daftar Pustaka.
 
Judul
Menggambarkan isi pokok tulisan secara singkat dan jelas, informatif, usahakan tidak lebih dari 12 kata.
 
Nama Penulis
Ditulis tanpa gelar, disertai dengan nama instansi kerja dan alamat lengkap termasuk telepon (HP), faks, dan email kalau ada.
 
Abstrak
Ditulis dalam dua bahasa (Indonesiadan Inggris) tidak lebih dari 250 kata. Abstrak merupakan intisari dari seluruh tulisan yang meliputi masalah, tujuan, bahan dan metode, hasil dan pembahasan, serta kesimpulan penelitian. Di dalam abstrak, seperti halnya dalam teks pokok, setiap nama umum organisme atau nama dagang bahan kimia harus diikuti oleh nama ilmiahnya, minimal pada penyebutan yang pertama kali. Abstrak dilengkapi dengan kata kunci, minimal tiga kata, disusun dari umum ke khusus.
 
Keywords: Atau kata kunci dicantumkan kata kunci yang terdiri atas maksimum enam kata, dimana kata pertama adalah yang terpenting yang relevan dengan topik. Penulisan kata kunci dipisahkan dengan tanta titik koma (;), Ukuran font 10pt.
 
Pendahuluan
Merupakan latar belakang penelitian yang terdiri atas masalah atau hipotesis yang mendorong penyelenggaraan penelitian, penemuan yang akan disanggah atau dikembangkan, dan tujuan penelitian. Pendahuluan harus ditulis dengan size 12 pt, cetak tebal, rata kiri, huruf kapital. Kajian pustaka berupa artikel yang terbaru sesuai topik yang dibahas, dan diterbitkan dalam lima tahun terakhir. Penulisan pustaka didalam teks mengikuti format APA style.
 
Bahan dan Metode
Menguraikan tempat dan waktu, materi penelitian, rancangan percobaan, cara pelaksanaan, dan metode analisis data secara jelas. Penulisan Bahan dan Metode menggunakan size 12 pt, cetak tebal, rata kiri, huruf kapital. Bahan dan metode bisa dibuat sub-bab untuk memudahkan pembaca memahami naskah. Penulisan judul sub-bab dengan Huruf Kapital huruf tebal pada awal kalimat.
 
Hasil 
Hasil: pembahasan harus ditulis dengan size 12 pt, cetak tebal, rata kiri, huruf kapital. Hasil penelitian dikemukakan secara jelas, bila perlu disertai dengan tabel, ilustrasi (grafik, diagram, gambar), dan foto. Informasi yang telah dijelaskan dengan tabel dan ilustrasi tidak perlu diulang dengan uraian panjang lebar dalam teks. Pembahasan memuat analisis tentang hasil penelitian, bagaimana penelitian dapat memecahkan masalah, perbedaan atau persamaan dengan penelitian terdahulu, dan kemungkinan pengembangannya.
 
Pembahasan
Pembahasan: pembahasan harus ditulis dengan size 12 pt, cetak tebal, rata kiri, huruf kapital. Pembahasan bukan merupakan pengulangan dari hasil. Pembahasan mengungkap alasan didapatkannya hasil dan arti atau makna dari hasil yang didapat tersebut. Bila memungkinkan,  hasil penelitian ini dapat dibandingkan dengan studi terdahulu. Kemukakan hasil penelitian terlebih dahulu sebelum menyertakan pendapat peneliti lain yang relevan. Penulisan Hasil dan Pembahasan dapat dipilah ke dalam sub-subbab, sesuai dengan aspek yang diteliti. Dalam penulisannya, Bab Hasil dipisah dari Bab Pembahasan.
 
Kesimpulan
Berisi hal penting dari hasil penelitian dan pembahasan, sesuai dengan judul dan tujuan penelitian dan disajikan secara ringkas dalam bentuk narasi, bukan pointer. Hasil penelitian yang ditulis di kesimpulan tidak perlu dibahas.
 
Ucapan Terima Kasih
Penulis hendaknya memberikan apresiasi kepada pihak yang telah membantu pelaksanaan penelitian atau pihak lain yang berkontribusi dalam penelitian. Apresiasi diberikan dalam bentuk ucapan terima kasih.
 
Rujukan/sitasi
Menggunakan sistem nama-tahun, terbatas pada hal-hal yang berhubungan erat dengan penelitian. Sitasi untuk tabel dan ilustrasi dicantumkan sebagai sumber dan diterakan pada baris terakhir.
 
Daftar Pustaka
Penulisan daftar pustaka menggunakan size 12 pt, cetak tebal, rata kiri, huruf kapital.Daftar pustaka ditampilkan pada akhir artikel dan diurutkan berdasarkan abjad dari nama belakang pengarang utama. Huruf yang digunakan Times New Roman 10 pt, dengan format hanging 8 mm, seperti pada contoh di bawah. Teks atau kalimat dalam pokok pikiran yang merujuk pada rujukan tersebut ditandai dengan nama belakang dari penulis. Penulisan kutipan dan referensi ditulis dengan Style APA. Kami merekomendasikan agar penulis menggunakan sistem pengelola referensi (RMS) seperti Mendeley, Zotero, atau Endnote.
Pustaka disusun menurut abjad berdasarkan nama (keluarga) penulis pertama. Penulisan pustaka pada teks atau narasi menggunakan sistem “nama-tahun” dengan dua bentuk, misalnya Dobermann & Fairhust (2000) di tengah kalimat atau (Dobermann & Fairhust 2000) di akhir kalimat.
Jika lebih lebih dari satu pustaka disebutkan bersama-sama maka penulisannya disusun berdasarkan tahun terbit. Contoh: (Harahap & Panjaitan 2003; Suparyono 2005; Sumarno & Suyamto 2007; Muliari et al., 2012). Apabila terdapat lebih dari dua penulis maka nama (keluarga) penulis pertama diikuti oleh et al., Namun et al. tidak digunakan di daftar pustaka. Semua nama penulis dan editor ditulis lengkap pada daftar pustaka. Penggunaan pustaka “anonim” tidak diperbolehkan.
Setiap pustaka yang dirujuk dalam teks, tabel, atau ilustrasi harus dimuat dalam Daftar Pustaka, dan sebaliknya. Pustaka yang dirujuk minimal 80% dari jurnal ilmiah primer yang baru, terbit dalam 10 tahun terakhir.
 
Contoh penulisan rujukan di daftar pustaka menurut sumber rujukan:
Buku
Soeparno. (20015). Ilmu dan Teknologi Daging. Cetakan Ke-4. Yogyakarta, UGM Press.
Bengen, D. G. (2013). Pedoman Teknis: Pengenalan dan Pengelolaan Ekosistem Mangrove. Bogor, PKSPL-IPB.
Muliari, M., Zulfahmi, I., & Akmal, Y. (2019). Ekotoksikologi Akuatik. Bogor, IPB Press
 
Jurnal
Dilaga, I. W. S. (2017). Pengaruh Pemberian Berbagai Level Clenbuterol terhadap Kualitas Daging Babi Jantan Grower. Buletin Peternakan, 31(4), 200-208.
Akmal, Y., Nisa, C., & Novelina, S. (2019). Morfologi kelenjar aksesori kelamin jantan pada trenggiling (Manis javanica). Jurnal Veteriner, 20(36), 38-47.
Puga, C. C., Beguelini, M. R., Martins, F. F., Falleiros Jr, L. R., Morielle-Versute, E., Vilamaior, P. S., & Taboga, S. R. (2014). Seasonal changes in the prostatic complex of Artibeus planirostris (Chiroptera: Phyllostomidae). General and Comparative Endocrinology, 197, 33-42.
 
Tabel 
Berjudul singkat dan jelas, diikuti oleh keterangan tempat dan waktu pengambilan data. Antarkolom/anak kolom terpisah cukup jelas. Tanda ditto (") tidak dipergunakan. Jumlah desimal sedapat mungkin dibuat sederhana. Catatan kaki tabel ditandai dengan huruf kecil superior (agak naik) untuk membedakan dengan tanda catatan kaki teks dengan angka.
 
Ilustrasi (grafik, diagram, dan gambar)
Diberi judul singkat, jelas, diikuti keterangan tempat dan waktu pengambilan data (bila mungkin), dan diletakkan di bawah ilustrasi yang bersangkutan. Simbol-simbol yang dimuat tidak terlalu banyak. Ilustrasi dibuat dengan jelas, kontras, rapi, bersih, dan dapat diperbaiki redaksi untuk keperluan penerbitan. File ilustrasi dapat disertakan terpisah dengan naskah untuk memudahkan perbaikan oleh redaksi.
 
Foto
Kontras, berkualitas tinggi, dan mampu menjelaskan substansi tanpa narasi, tidak hanya sekadar pelengkap. Foto diberi judul singkat, jelas, diikuti keterangan tempat dan waktu pengambilan (bila mungkin), dan diletakkan di bawah foto bersangkutan. File foto dapat disertakan terpisah dengan naskah untuk memudahkan proses penerbitan.
 

Articles

Section default policy

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan lain dari jurnal ini dan tidak akan dibuat tersedia untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.