Identifikasi keragaman ektoparasit pada ikan bandeng (Chanos chanos Forskal) di Gampong Pante Paku Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen

Identifikasi keragaman ektoparasit pada ikan bandeng (Chanos chanos Forskal) di Gampong Pante Paku Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen

Authors

  • Efi Marlina Program Studi Akuakultur, Fakultas Pertanian Universitas Almuslim. Jln. Almuslim Matangglumpangdua, Bireuen-Aceh

DOI:

https://doi.org/10.51179/jipsbp.v3i1.447

Keywords:

Milkfish, ectoparasites, nail panties, prevalence and intensity levels

Abstract

Gampong Pante Paku Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen merupakan salah satu Gampong yang memilki area tambak yang luas dan potensial dengan luas tambak keseluruhan adalah 77,40 Ha (BP3K Kecamatan Jangka, 2013). Kerugian akibat infestasi ektoparasit memang tidak sebesar kerugian akibat infeksi organisme patogen lain seperti virus dan bakteri, namun infestasi  ektoparasit dapat menjadi salah satu faktor predisposisi bagi infeksi organisme patogen yang lebih berbahaya. Penelitian ini telah dilaksanakan di Gampong Pante Paku Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen sebagai lokasi pengambilan sampel ikan bandeng dan Laboratrium Balai Perikanan Budidaya  Air Payau (BPBAP) Aceh Besar untuk pemeriksaan jenis ektoparasit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sampling data yang dikumpulkan secara deskriptif. Hasil pengamatan terdapat jenis ektoparasit yang menyerang ikan bandeng dari jenis Dagtylogirus sp, Unitubulotestis sardae, Lernaea sp., an identifikasi dan Argulus japanicus yang menyerang pada bagian insang, lendir dan sirip. Tingkat prevalensi ektoparasit tertinggi adalah 13,33% dan nilai intensitas tertinggi sebesar 63,63% dari jenis ektoparasit Dagtylogirus sp. yang menyerang pada insang ikan bandeng. Parameter kualitas air pada tambak budidaya ikan bandeng terutama kadar salinitas mempengaruhi terhadap tingkat prevalensi dan intensitas serangan ektoparasit.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alifuddin, M., Priyono, A., & Nurfatihah, A. (2002). Inventarisasi parasit pada ikan hias yang dilalulintaskan di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Jakarta. Jurnal Akuakultur Indonesia, 1(3), 123-127.

Anisah, N., Rokhmani, R., & Riwidiharso, E. (2017). Intensitas dan Variasi Morfometrik Trichodina sp. pada Benih Ikan Gurami (Osphronemus gouramy Lacepede) Pendederan I yang Dijual di Pasar Ikan Purwonegoro Kabupaten Banjarnegara. Majalah Ilmiah Biologi BIOSFERA: A Scientific Journal, 33(3), 134-141.

Bhakti, S. (2011). Prevalensi dan Identifikasi Ektoparasit pada Ikan Koi (Cyprinus carpio) di Beberapa Lokasi Budidaya Ikan Hias di Jawa Timur (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Cahyono, P. M., Mulia, D. S., & Rochmawati, E. (2006). Identifikasi ektoparasit protozoa pada benih ikan Tawes (Puntius Javanicus) di balai Benih ikan Sidabowa kabupaten Banyumas dan balai benih ikan Kutasari kabupaten Purbalingga. Jurnal Protein, 13(2), 181-187.

Fidyandini, H. P., & Subekti, S. (2012). Identifikasi dan prevalensi ektoparasit pada ikan bandeng (chanos chanos) yang dipelihara di karamba jaring apung upbl situbondo dan di tambak desa bangunrejo kecamatan jabon sidoarjo identification and prevalence of ectoparasites on. Journal of Marine and Coastal Science, 1(2), 91-112.

Ismail, S. (2019). Mikrobiologi-Parasitologi. Deepublish.

Kurniawan, N. (2014). Eksplorasi ektoparasit pada ikan famili Cyprinidae di kolam rumah makan wilayah Malang Raya. Biotropika: Journal of Tropical Biology, 2(2), 87-91.

Laia, N. P., & Haditomo, A. C. (2018). infestasi monogenea pada ikan nila (oreochromis niloticus) dari desa genuk, ungaran barat dan ikan lele (clarias gariepinus) dari kp. nglarang, gunungpati, jawa tengah. Journal of Aquaculture Management and Technology, 7(1), 107-113.

Mas’ud, F. (2011). Prevalensi dan Derajat Infeksi Dactylogyrus sp. pada Insang Benih Bandeng (Chanos chanos) di Tambak Tradisional, Kecamatan Glagah, Kabupaten Lamongan [Prevalence and Infection Level of Dactylogyrus sp. on Gill of Milkfish Juvenile (Chanos chanos) in Traditional Pond, Glagah Subdistrict, Lamongan Residence]. Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan, 3(1), 27-40.

Munawwaroh, A., & Rahayu, L. (2017). Identifikasi Ektoparasit pada Budidaya Ikan Mujair (Oreochromis Mossambicus) di Desa Keramat Mengare, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik. In Pros. Seminar Pendidikan IPA Pascasarjana UM (Vol. 2, pp. 401-409).

Nilawati, N., & Humairani, R. (2020). Efektifitas penggunaan ekstrak buah mahkota dewa (Phaleria macrocarpa) untuk pencegahan serangan bakteri Aeromonas hydrophilla pada ikan kerapu macan. Arwana: Jurnal Ilmiah Program Studi Perairan, 2(2), 130-135.

Noga, E. J. (2010). Fish disease: diagnosis and treatment. John Wiley & Sons.

Nurmasyithah, N. (2020). Identifikasi keragaman ektoparasit pada ikan kerapu macan (Epinephellus fuscoguttatus) di Gampong Meunasah Dua Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen. Arwana: Jurnal Ilmiah Program Studi Perairan, 2(1), 46-52.

Riko, Y. A., & Herawati, T. (2012). Intensitas dan Prevalensi ektoparasit pada ikan bandeng (Chanos chanos) dalam karamba jaring apung (KJA) di Waduk Cirata Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Jurnal Perikanan Kelautan, 3(4).

Published

2021-07-05

How to Cite

Marlina, E. (2021). Identifikasi keragaman ektoparasit pada ikan bandeng (Chanos chanos Forskal) di Gampong Pante Paku Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen: Identifikasi keragaman ektoparasit pada ikan bandeng (Chanos chanos Forskal) di Gampong Pante Paku Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen. Arwana: Jurnal Ilmiah Program Studi Perairan, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.51179/jipsbp.v3i1.447

Issue

Section

Articles