Pengaruh perbedaan salinitas terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih ikan mujair (Oreochromis mossambicus)

Authors

  • Iskandar Program Studi Akuakultur. Fakultas Pertanian, Universitas Almuslim, Jalan Almuslim, Matang Glumpang Dua, Peusangan, Kabupaten Bireuen, Aceh, Indonesia 24261

DOI:

https://doi.org/10.51179/jipsbp.v3i1.449

Keywords:

Salinitas, tingkat konsumsi oksigen, efisiensi pakan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan salinitas optimum untuk pertumbuhan benih ikan mujair dan mengetahui pengaruh perbedaan salinitas terhadap tingkat kelangsungan hidup ikan mujair. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Budidaya Perairan Universitas Almuslim. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan dan 3 kali ulangan yaitu perlakuan A dengan Salinitas 20 ppt , Perlakuan B dengan Salinitas 10 ppt dan perlakuan C dengan Salinitas 0 ppt. Parameter kualitas air yang diukur dalam penelitian ini adalah suhu, oksigen terlarut , pH, dan salinitas. Data yang diperoleh dari pengamatan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik kemudian dianalisa dengan uji F (Anova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh yang berbeda nyata terhadap laju pertumbuhan sfesifik harian benih ikan mujair dengan nilai 2,1%. Perbedaan salinitas tidak menunjukkan pengaruh yang berbeda nyata terhadap pertambahan panjang benih ikan mujair dengan nilai 2,7 cm. Perbedaan salinitas menunjukkan pengaruh yang berbeda sangat nyata terhadap efisiensi pemberian pakan dengan nilai 0,73 %. Perbedaan salinitas tidak menunjukkan pengaruh yang berbeda nyata terhadap tingkat kelangsungan hidup benih ikan mujair dengan nilai 80%. Perbedaan salinitas menunjukkan pengaruh yang berbeda nyata tehadap tingkat konsumsi oksigen benih ikan mujair dengan nilai 0,58 mg O2/g/jam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Elyana, P. (2011). Pengaruh penambahan ampas kelapa hasil fermentasi Aspergillus oryzae dalam pakan komersial terhadap pertumbuhan ikan nila (Oreochromis niloticus Linn.).

Harahap, M. S. (2014). Karakteristik Bioakustik Dan Tingkah Laku Ikan Mujair ( Oreochromis Mossambicus) Terhadap Perubahan Salinitas. Scientifi c Repository.

Herlinah, H., & Rachmansyah, R. (2017, December). estimasi padat tebar udang pama (penaeus semisulcatus) berdasarkan tingkat konsumsi oksigen. in prosiding forum inovasi teknologi akuakultur (pp. 161-167).

Kadarini, T. U. T. I. K. (2009). Pengaruh salinitas dan kalsium terhadap sintasan dan pertumbuhan benih ikan balashark (Balanthiocheilus melanopterus). Sekolah Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor, 83.

Khairuman, S. P., Amri, K., & Pi, S. (2008). Buku Pintar Budi Daya 15 Ikan Konsumsi. AgroMedia.

Kordi, M. G. H., & Tancung, A. B. (2009). Pengelolaan Kualitas Air. PT Rineka Cipta, Jakarta, 238.

Kusriningrum, R. S. (2008). Buku Ajar Perancangan Percobaan. Fakultas kedokteran Hewan Universitas Airlangga, Dani Abadi, Surabaya, 65-125.

Pamungkas, W. (2012). Aktivitas osmoregulasi, respons pertumbuhan, dan energetic cost pada ikan yang dipelihara dalam lingkungan bersalinitas. Media Akuakultur, 7(1), 44-51.

Permatasari, P. K., & Rahayuni, A. (2013). Nugget tempe dengan substitusi ikan mujair sebagai alternatif makanan sumber protein, serat, dan rendah lemak (Doctoral dissertation, Diponegoro University).

Pramono, S. B. (2006). Efek Konsentrasi Kromium (Cr+ 3) dan Salinita Berbeda terhadap Efisiensi Pemanfaatan Pakan untuk Pertumbuhan Ikan Nila (Oreochromis niloticus) (Doctoral dissertation, Tesis, Pascasarjana Universitas Diponegoro Semarang).

Priosoeryanto, B. P., Ersa, I. M., Tiuria, R., & Handayani, S. U. (2010). Gambaran histopatologi insang, usus dan otot ikan mujair (Oreochromis mossambicus) yang berasal dari daerah Ciampea, Bogor (prosiding).

Pullin, R. S., Froese, R., & Pauly, D. (2007). Indicators for the sustainability of aquaculture. In Ecological and genetic implications of aquaculture activities (pp. 53-72). Springer, Dordrecht.

Said, A. (2007). Budi daya mujair dan nila. Ganeca Exact.

Suyanto, M. (2006). 15 Rahasia Mengubah Kegagalan Menjadi Kesuksesan dengan Kecerdasan Spiritual. Penerbit Andi.

Wahyurini, E. T. (2012). Pengaruh Perbedaan Salinitas Air terhadap Tingkat Kelangsungan Hidup Benih Ikan Nila Merah (Oreochromis niloticus). AGROMIX, 3(1).

Published

2021-07-05

How to Cite

Iskandar, I. (2021). Pengaruh perbedaan salinitas terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih ikan mujair (Oreochromis mossambicus). Arwana: Jurnal Ilmiah Program Studi Perairan, 3(1), 44–51. https://doi.org/10.51179/jipsbp.v3i1.449

Issue

Section

Articles