Tingkat toleransi ikan mas (Cyprinus carpio Linn) terhadap perbedaan kadar salinitas media pemeliharaan

Authors

  • Juliadi Juliadi Program Studi Akuakultur. Fakultas Pertanian, Universitas Almuslim, Jalan Almuslim, Matang Glumpang Dua, Peusangan, Kabupaten Bireuen, Aceh, Indonesia 24261

DOI:

https://doi.org/10.51179/jipsbp.v3i2.744

Abstract

  Ikan mas merupakan ikan air tawar yang hidup pada media dengan kadar salinitas 0 ppt. Kabupaten Bireuen merupakan wilayah yang memiliki sumber air yang sedikit payau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pemeliharaan ikan mas dan mengetahui rentas batas kadar salinitas yang dapat ditoleransi oleh ikan mas. Penelitian ini telah dilaksakan pada bulan Februari 2019 di laboratorium Budidaya Perairan Almuslim. Metode penelitian yang digunakan adalah rancangan acak lengkap dengan 3 perlakuan dan 4 kali ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan berat dan panjang paling baik terjadi pada perlakuan A (0 ppt) dan yang paling rendah pada perlakuan C (10 ppt). Tinkat kelangsungan hidup yang paling tinggi terdapat pada perlakuan A dan yang paling rendah pada perlakuan C. Untuk nilai efisiensi pakan yang paling tinggi tedapat pada perlakuan A dan yang paling rendah pada perlakuan C.

References

Kordi, G. (2009). Budidaya Perairan Jilid 2. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

Kordi, K. M. G. H. (2011). Panduan Lengkap Bisnis dan Budidaya Ikan Gabus. Yogyakarta: Lily Publisher.

Kusriningrum, R. S. (2008). Perancangan percobaan. Universitas Airlangga. Surabaya. hal, 82.

Muthmainnah, D., Nurdawati, S., & Aprianti, S. (2012). Budidaya ikan gabus (Channa striata) dalam wadah karamba di rawa lebak. Prosiding InSINas, 319-323.

Nirmala, K., Armansyah, R., & Priyadi, A. (2011). Kinerja pertumbuhan benih ikan maskoki mutiara carassius auratus pada air media bersalinitas 3 ppt dengan lama paparan medan listrik yang berbeda Growth performance of pearl goldfish juvenile carassius auratus cultured in 3 ppt salinity with different exposure time of electric field. Jurnal Akuakultur Indonesia, 10(2), 165-173.

Vonti, O. (2008). Gambaran darah ikan mas (Cyprinus carpio Linn) strain sinyonya yang berasal dari daerah Ciampea-Bogor.

Yanti, Z., & Muchlisin, Z. A. (2013). Pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih ikan nila (Oreochromis niloticus) pada beberapa konsentrasi tepung daun jaloh (Salix tetrasperma) dalam pakan. Depik, 2(1).

Yudhistira, A., & Antono, D. R. Respon Organisme Akuatik Terhadap Variabel Lingkungan (Ph, Suhu, Kekeruhan dan Detergen).

Yulisman, Y., Fitrani, M., & Jubaedah, D. (2012). Peningkatan pertumbuhan dan efisiensi pakan ikan gabus (Channa sriata) melalui optimasi kandungan protein dalam pakan. Berkala Perikanan Terubuk, 40(2), 47-55.

Published

2021-11-29

How to Cite

Juliadi, J. (2021). Tingkat toleransi ikan mas (Cyprinus carpio Linn) terhadap perbedaan kadar salinitas media pemeliharaan . Arwana: Jurnal Ilmiah Program Studi Perairan, 3(2), 93-100. https://doi.org/10.51179/jipsbp.v3i2.744

Issue

Section

Articles